Dasar-Dasar Organisasi Part 7
DEPARTEMENTALISASI
Ada beberapa cara organisasi untuk memutuskan pola organisasi yang akan digunakan untuk mengelompokkan kegiatan-kegiatan yang bermacam-macam untuk dilaksanakan.
Cara bagaimana kegiatan-kegiatan dikelompokkan disebut departementalisasi .
Organisasi mempunyai tiga tipe kelompok - kelompok kerja formal :
> kesatuan tugas khusus ,
> Panitia,
> Dewan atau komisi,
kesatuan tugas khusus (task force)
tim proyek yang dibentuk untuk menangani suatu masalah atau tugas khusus.
Keberadaannya hanya sampai masalah dipecahkan. Biasanya dibentuk untuk menengani masalah dan tugas tugas yang kompleks dan melibatkan beberapa satuan kerja organisasi.
Kelompok-kelompok tugas meliputi para wakil (atau para pembuat keputusan ) dari satuan-satuan organisasi, ditambah para ahli yang secara teknis diperlukan.
Bagan Organisasi formal
manajer perlu menggambar bagan organisasi (organization chart) untuk menunjukkan struktur organisasi.
Bagan organisasi menggambarkan lima aspek utama struktur organisasi :
a. Pembangunan kerja,
b. Manajer dan Bawahan (rantai pemerintah).
c. Tipe pekerjaan yang dilaksanakan.
d. Pengelompokan pekerjaan.
e. Tingkatan Manajemen.
0 Response to "Dasar-Dasar Organisasi Part 7"
Post a Comment